Sabtu, 17 November 2012

INTERMEZO SI BAHLUL




            Alkisah, ada seorang beragama sok suci bernama Bahlul yang pergi ke kota orang kafir. Karena lelah, beliau ingin tidur. Tapi melihat banyak-ramainya orang kafir di situ, Bahlulpun jadi takut, katanya, “Wah, bisa hilang aku di tempat seperti ini, bagaimana nanti aku menemukan diriku kembali setelah bangun?”
            Orang disampingnya yang mendengar omongan Bahlul itupun langsung memberi advis, “  Tidur saja anda dengan berbantal kitab suci yang selalu anda bawa dan bangga-banggakan itu. Kalau nanti anda bangun tidur, lihat ada orang tidur berbantal kitap suci, ya itulah anda!”
            “Wah, benar juga, mana ada sih orang kafir yang berani tidur dengan berbantal kitab suci.” Pikir Bahlul yang langsung tidur pulas berbantal kitab suci.
            Tanpa sadar, ketika Bahlul tidur didatangi orang gila yang menukar bantalnya dengan buntalan-buntalan sampah!. Dan begitu bahlul bangun dari tidur, dilihatnya ada orang gila tidur berbantal kitab suci, “          NAH, ITU SAYA!” kesimpulannya. Tapi sedetik kemudian Bahlulpun menjadi bingung,            “TAPI KALAU ORANG GILA ITU SAYA. YA, ALLAH……………. LALU SAYA INI SIAPA?”
            (ORANG TUHAN TIDAK DIAJAR KITAB/ORANG TUHAN DI LUAR KAFIR DAN AGAMA. Puisi Jalalludin Rumi ini yang menginspirasi saya menulis anekdot ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar